Cara Mudah Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software Tambahan


Apa itu Barcode? Barcode adalah kode yang terdiri atas kumpulan data optik berupa garis tipis dan tebal yang berisi informasi mengenai sebuah produk/barang tertentu. Data-data yang tertuang pada barcode hanya bisa diketahui dengan menggunakan alat yang disebut barcode scanner. Dari hasil scanning barcode akan diketahui data mengenai nama, merk, harga dan sebagainya anda pasti pernah melihat alat tersebut ketika berbelkanja di supermarket.

Bagaimana cara membuat barcode? Ada software khusus yang bisa digunakan untuk membuat barcodebaik yang gratis maupun yang berbayar. yang gratis misalnya Free Barcode Generator, Barillo Barcode Software, dan Free Shipping Manager. Sedangkan yang berbayar misalnya Barcode Label Maker, BarTender Profesional,  dan Nice Label Designer Pro. ada juga layanan membuat barcode secara online yang bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, barcode juga bisa dibuat tanpa menggunakan software. Cukup menggunakan font tipe barcode yang diintegrasikan dengan Windows dan Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint). pada kesempatan kali ini saya mencontohkan Cara Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software Tambahan

1. Download Free Barcode Font - Code 39 di http://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/
2. Buka lalu ekstrak file yang telah di download tadi ke direktori C:\Windows\Fonts, jika tidak tahu cara ekstraknya lihat petunjuk gambar di bawah ini

3. Jalankan Micosoft Excel lalu ketik sembarang huruf atau angka, kemudian ganti tipe font tersebut dengan Free 3 of 9 Extended

4. Ganti ukuran font pada barcode agar terlihat lebih jelas (atau lewati saja yang ini jika tidak perlu)
5. Agar barcode yang dihasilkan bisa terbaca oleh scanner. huruf/angka yang diubah ke barcode harus diapit oleh tanda bintang, misalnya *9876*. hasil scan dengan barcode scanner akan menghasilkan 9876
 Jika anda bekerja di lignkunangan pendidikan, barcode tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kode pada buku-buku koleksi perpustakaan, kode nomor induk siswa, kode barang investasi, arsip kepegawaian, kode surat-menyurat, dan data-data lainnya.

Selain di Excel juga bisa diterapkan pada aplikasi Microsoft Office lainnya seperti Word, PowerPoint, dan Access dengan prinsip yang sama. Sekian Postingan saya kali ini dan semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :

13 komentar

JengHwas
18 September 2014 pukul 18.43
delete

dengan excel dapat buat barcode
info sip gan...

Ryan Zapple
1 Mei 2017 pukul 23.41
delete

thanks sangat membantu
o iy ka “Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong” anda (http://onsite.znotebookrepair.com)

DUNIA KITA
30 Mei 2017 pukul 01.17
delete

Terima kasih bantuan ilmunya

Anonim
7 Juni 2017 pukul 00.40
delete

saya coba itu bisa buat barcode, tapi barcodenya tidak bisa di scan (tidak terbaca barode scaner),

hera
7 Oktober 2018 pukul 17.06
delete

Ini adalah cara sederhana untuk membuat kode QR di Microsoft Excel. Dari memilih jenis kode QR hingga menyesuaikan ukurannya, semuanya cukup mudah. Bagian yang menarik adalah Anda juga dapat mengekspor kode QR sebagai gambar ke PC. Ini jelas merupakan pilihan yang patut untuk dicoba.

Unknown
4 April 2019 pukul 00.10
delete

terima kasih

Unknown
9 November 2019 pukul 22.35
delete

om, minta font QR Code dong

Anonim
22 Mei 2020 pukul 02.47
delete

I bought a Rugged Android Barcode Scanner at MUNBYN last week, I feel it is quite good, it supports many platforms, the operation is very simple, and the paper output speed is also very fast. Can recommend it to you.

Unknown
24 November 2021 pukul 08.29
delete

Zoner Photo Studio X Crack
Zoner Photo StudioX Crack Free Download Activation Code makes you accept responsibility for your photos. Download Zoner Photo Studio Partition is a full-fledged device booth for managing and acquiring paid photos. Get photos from your camera, sort your narration, edit and view your photos.

Unknown
24 November 2021 pukul 08.38
delete

K7 Total Security Crack
K7 Total Security Crack is an excellent and very powerful security tool. It is a universal antivirus, firewall, parental control, an element of secure Internet banking, and a component for monitoring external devices connected to a computer via a USB slot. It comes with an advanced scanner to find malware in PDF data and other items generated in Display. It also makes it easy to create a bootable backup CD to fix your machine after an unhealthy illness. We’ll also find tools to improve the drive, clean up unnecessary entries, hints, and machine system data.

Unknown
24 November 2021 pukul 09.19
delete

ExplorerMax Crack
ExplorerMax Crack is the most efficient and most useful tool for managing Windows Explorer. Moreover, it has an intuitive and user-friendly interface that prompts the user to try Windows Explorer. The app is the best choice for all users as it is satisfied with its powerful features and reliability. Besides, it is compatible with all Windows 7, 8, 10, XP, Vista, and also supports various languages ​​like English, Polish, French, Korean, and Chinese. The dark and light mode makes the app look lovely and perfect, but you like it to be darker or lighter.

Anonim
12 Maret 2022 pukul 21.58
delete

Cara Mudah Membuat Barcode Di Microsoft Excel Tanpa Software Tambahan - Agung Eka'S Blog >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Cara Mudah Membuat Barcode Di Microsoft Excel Tanpa Software Tambahan - Agung Eka'S Blog >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Cara Mudah Membuat Barcode Di Microsoft Excel Tanpa Software Tambahan - Agung Eka'S Blog >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK